Latihan Soal dan Jawaban tentang Jaringan Komputer Lanjut

 


TUGAS 1

KOMPUTER LANJUT

NAMA            : LATIF MURDIAN

PRODI            : PENDIDIKAN MATEMTIKA

KELAS           : S3A

NIM                : 201913500142

 

1.     Apa yang kamu ketahui tentang jaringan komputer?

Jawab  :

Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan untuk saling berbagi data, software, informasi, serta berbagi pakai hardware.

 

2.     Sebutkan dan jelaskan beberapa hal yang sangat penting untuk diketahui dalam membangun suatu jaringan?

Jawab :

a.     Interface network atau perangkat jaringan adalah sistem (software atau hardware) antarmuka antara dua buah peralatan atau protokol lapisan dalam jaringan komputer, dan yang digunakan jenis slot, kecepatan perdetik dan kompatabilitas.

b.     media transmisi atau media penyambung antar komputer adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data. misalnya menggunakan kabel ,wireless ,dll.

c.     NOS atau network operating sistem adalah sistem operasi komputer yang dirancang terutama untuk mendukung workstation, komputer pribadi, dan dalam beberapa kasus, lebih lama terminal yang terhubung pada jaringan area lokal (LAN). Operasi yang digunakan seperti windows, linux, dll

d.     Network protocol atau bahasa jaringan yang digunakan seperti TCP/IP, Netbeui, IPX, dll adalah aturan yang ada dalam sebuah jaringan komputer yang harus ditaati oleh pihak pengirim dan penerima agar dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi meskipun memiliki sistem yang berbeda..

e.     Pendukung tambahan atau pendukung jaringan seperti NIC (Network Interface Card), HUB atau Concentrato, Bridge, Router, Switch, VDSL, Wireless dll

 

3.     Apa perbedaan dari kabel UTP dengan coaxial?

Jawab  :

a.     Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP), Secara fisik terdiri atas empat pasang dawai medium. UTP digunakan sebagai media networking dengan impedansi 100 Ohm. UTP memiliki diameter eksternal 0.43 cm, hal ini memudahkan dalam melakukan instalasi. UTP juga men-support arsitektur-arsitektur jaringan pada umumnya sehingga menjadi sangat populer.

Kelebihannya:

·       Media dan ukuran konektor kecil.

·       Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps.

·       Biaya rata-rata per node murah.

·       Menggunakan konektor RJ 45

Kekurangan dari kabel UTP adalah rentan terhadap efek interferensi elektris yang berasal dari media atau perangkat-perangkat di sekelilingnya. Akan tetapi pada prakteknya para administrator jaringan banyak menggunakan kabel ini sebagai media yang efektif dan cukup diandalkan.

b.     Kabel Coaxial atau lebih populer dikenal dengan “coax” terdiri atas konduktor silindris melingkar, yang mengelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. Untuk LAN, kabel koaksial dapat dijalankan dengan tanpa banyak membutuhkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh di antara node network. Repeater memang dapat juga diikutsertakan untuk meregenerasi sinyal-sinyal dalam jaringan koaksial sehingga dalam instalasi network cukup jauh dapat semakin optimal.

kelebihannya:

·       Kecepatan dan keluaran 10 -100 Mbps.

·       Panjang kabel maksimum yang diizinkan 500 m (medium).

·       Biaya per node murah.

kekurangannya:

·       lebih mudah putus/rusak di bandingkan dengan kabel UTP

·       ukuran konektor medium

 

4.     Sebutkan 5 perangkat keras jaringan dan jelaskan secara rinci satu persatu..?

Jawab  :

a.     Hub atau concentrator adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link.

b.     Konektor utp (rj-45) untuk menghubungkan kabel utp diperlukan konektor rj-45 atau sejenis jack yang bentuknya mirip dengan jack kabel telepon namun memiliki lebih banyak lubang kabel. Kabel utp

c.     Kabel utp ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam jaringan network, namun yang paling banyak dipakai pada private network/local area network saat ini adalah kabel utp.

d.     Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda.

e.     Switch Merupakan pengembangan dari konsep bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket merlukan waktu, tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.

f.      Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari, namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling eficien. Router beroperasi pada lapisan network (lapisan ketiga osi.). Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama.


5.     Apakah fungsi HUB dalam jaringan?

Jawab  :

HUB merupakan salah satu hardware jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus tetapi pada HUB memiliki kekurangan karena tidak dapat menyimpan MAC Address sehingga dalam transfer data, data dikirim secara broadcast dan itu mengurangi kecepatan transfer. HUB dalam layer OSI berada pada layer physical.

 

6.     Sebutkan Topologi jaringan dan jelaskan?

Jawab  :

a.     Topologi bus atau daisy chain adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.Topologi ini awalnya menggunakan kable coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya.

keuntungan :

·       Hemat kabel

·       Layout kabel sederhana

·       Mudah dikembangkan

kerugian :

·       Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil

·       Kepadatan lalu lintas

·       Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.

·       Diperlukan repeater untuk jarak jauh

b.     Topologi cincin atau yang sering disebut dengan ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin. adapun kelebihan dari topologi ini adalah kabel yang digunakan bisa lebih dihemat. Tetapi kekurangan dari topologi ini adalah pengembangan jaringan akan menjadi susah karena setiap komputer akan saling terhubung.

c.     Topologi token ring Topologi ini hampir sama dengan topologi ring akan tetapi pembuatannya lebih di sempurnakan. Token ring kable penghubung di buat menjadi lingkaran terlebih dahulu dan nantinya akan di buatkan terminal-terminal untuk masing-masing komputer dan perangkat lain.

Keuntungan :

·       Hemat kabel

kerugian :

·       Peka kesalahan

·       Pengembangan jaringan lebih kaku

d.     Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll. berfungsi sebagai pusat penghubung komputer-komputer yang saling berhubungan. Keuntungan dari topologi ini sangat banyak sekali diantaranya memudahkan admin dalam mengelola jaringan, memudahkan dalam penambahan komputer atau terminal, kemudahan mendeteksi kerusakan dan kesalahan pada jaringan. Tetapi dengan banyak nya kelebihan bukan dengan artian topologi ini tanpa kekurangan. Kekurangannya diantaranya pemborosan terhadap kabel, penis yang terpusat pada hub terkadang jadi permasalahan kritis kalau seandainya terjadi kerusakan pada hub maka semua jaringan tidak akan bisa di gunakan.

e.     Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.  Hubungan antar satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas.sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral yang aktiv sedangkan sentral yang ada di bawahnya adalah sentral yang pasif.

f.      Topologi peer-to-peer network, Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yangterdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama.

 

7.     Sebutkan teknik-teknik Underlying dalam dunia jaringan..?

Jawab  :

Teknik-teknik underlying adalah teknik yang membutuhkan perangkat-perangkat lainnya agar antar komputer dapat terhubung. Perangkat-perangkat yang digunakan dalam teknik underlying dapat berupa perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).

Contoh dari perangkat keras dari tekhnik underlying yang dibutuhkan :

a.     Hub/switch

b.     Bridge

c.     Router

d.     Kabel

e.     Network interface card (nic) atau yang sering kita sebut dengan lan card

contoh perangkat lunak dari tehknik underlying kita butuhkan :

a.     Windows

b.     Linux

c.     Novell, dll

0 Response to "Latihan Soal dan Jawaban tentang Jaringan Komputer Lanjut"

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan baik dan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel